Siapa yang Ada di Balik Kostum-Kostum Black Panther?

Para pecinta Marvel dan film-filmnya pasti sudah tidak sabar lagi menunggu Black Panther yang akan tayang 2 minggu lagi tepatnya tanggal 18 Februari 2018. Ini adalah pertama kalinya Marvel membuat film lepas untuk seorang pahlawan Dewa Poker dalam komiknya yang berasal dari Wakandam daerah fiktif yang ada di Afrika. Marvel juga ingin membuatnya dengan cara yang sangat unik.

Keunikan Kostum dalam Film Black Panther

Salah satunya adalah lewat kostum. “Saya ingin sekali bisa menampilkan estetika di kostum mereka. jadi kita semua tahu mereka berasal dari Afrika ketika kita semua melihatnya,” kata desainer untuk kostum Black Panther, Ruth Carter.

Untuk itu lah Carter juga sampai harus melakukan riset pakaian tradisional Afrika kuno. Dan ia mempelaari fesyen, pola serta warna dari beberapa negara Afrika sehingga bisa mencerminkan kekhasan mereka.

Misalnya saja kostum utamanya, yang dipakai oleh Balck Panther yang diperankan oleh Chadwick Boseman. Carter membuat kostum tersebut serta hitam dnegan tekstur seperti tenun logam. Dan di jari tangannya ada cakar perak yang terbuat dari vibranium. Juga dengan motif perak yang ada di kaki dan kepalanya. Melihat sang Raja Wakanda, penonton akan langsung terkenang dengan Afrika. Karena Wakanda dalam film tersebut dikisahkan sebagai daerah yang kaya akan vibranium, logam yang paling kuat di dunia. Pahlawan super dari dunia Marbel yang mana juga memakai vibranium adalah perisainya Captain America.

Kostum yang mana dikenakan oleh ibu Black Panther, Ramonda misalnya, adalah gaun panjang dengan warna abu-abu, lengkap juga dengan hiasan kepala dengan warna yang sama. Di bagian bawahnya ada motif bergambar seperti misalnya anak tangga yang warnanya hitam. Hiasan kepala yang juga dikenakan oleh Ramonda yang juga Ratu Wakanda itu terinspirasi dari topi tradisional Zulu. Carter sendiri merekrut ahli yang berasal dari Belgia yang memiliki teknologi cetak 3 dimensi untuk membuat topi yang sangat fleksibel dan juga simetris.

“Saya merasa aka nada orang yang bakal membuat hiasan cantik untuknya. Dan itu bakal jadi hiasan yang paling menggambarkan pikiran maju di dunia karena dia adalah Sang Ratu,” ungkap Carter.

Kostum Lainnya Juga Unik

Mentor dari Black Panther, Zuri, yang diperankan oleh Forest Whitaker, misalnya juga. Ia mengenakan kain ungu yang mana dibuat seperti jubah dan juga celana hitam. Ia pun mengenakan hiasan yang ada di leher dengan warna coklat dengan ukiran. Carter pun membuatnya berdasarkan kostum kepala suku Nigeria untuk bisa menampilkan aura orang yang sangat dihormati. Pakaian atas yang juga serupa dengan jubah tersebut namanya tabard.

Nomino Oscar tersebut merasa bahwa harus ada kostum yang sangat identik dengan Wakanda. “Tabard merupakan salah satu kostum yang identik dengan Wakanda. Saat orang memakai tabard itu akan memiliki arti yang istimewa. Tabard yang dikenakannya sangat mistis, dan di beberapa tabard yang dimiliki ada tulang, logam, koin, dan juga ada ornament kayu,” imbuhnya.

Karakter lainnya yang memakai tabard adalah Okoye, pemimpin Dora Milaje, pasukan elite khusus perempuan yang ada di Kerajaan Wakanda. Bedanya di sini, tabard yang dikenakan oleh karakter yang diperankan oleh Dania Gurira tersebut ketat dna juga berwarna merah. Kostumnya juga dilengkapi dengan gelang, kalung serta perisai pundak yang warnanya perak.

Nampaknya semua sudah tak sabar melihat keunikan kostum-kostum yang ada di Black Panther, ya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *