33 Tewas Akibat Kebakaran Hebat Rumah Sakit Di Korea Selatan

Bencana kebakaran bisa disebabkan banyak hal dan bisa mengenai apa saja termasuk rumah sakit yang seharusnya aman dari api. Namun, fakta berkata lain. Sedikitnya 33 orang tewas akibat kebakaran hebat yang mengenai sebuah rumah sakit di Korea Selatan pada hari Jumat (26/1). Hal ini disampaikan oleh petugas pemadam kebakaran.Petugas Bandar Togel Hongkong juga mengatakan lebih dari 70 terluka akibat kebakaran tersebut.

33 Tewas, 13 Luka Berat, 61 Luka Ringan

Kebakaran hebat ini merupakan kejadian mengerikan yang kedua yang terjadi hanya dalam sebulan di negara yang bisa dibilang maju dengan tingkat ekonomi terbesar keempat di Asia.Sebuah video yang diposkan di media sosial menunjukkan seorang pasien tergantung pada tali yang diikatkan pada kaki helikopter di atas rumah sakit di Miryang, dan satu lagi merangkak keluar dari jendela untuk menuruni tangga.

Bangunan berlantai enam tersebut digunakan sebagai rumah jompo sekaligus juga rumah sakit. Badan Pemadam Kebakaran Nasional yang berusaha memadamkan api dan menyelamatkan kornban mengatakan jika tercatat 33 orang telah tewas, 13 orang terluka parah dan 61 lainnya menderita luka ringan. Juru bicara badan pemadam kebakaran nasional tersebut juga menambahkan jumlah korban tewas dapat meningkat lebih lanjut.

“Dua perawat mengatakan bahwa mereka telah melihat api tiba-tiba meletus di ruang gawat darurat,” kata kepala pemadam kebakaran Choi Man-Woo, namun penyebab pasti kebakaran itu belum juga segera diketahui.Semua pasien telah dibawa keluar. Dia menambahkan bahwa mengevakuasi 15 pasien dari unit perawatan intensif di lantai tiga membutuhkan waktu lebih lama karena petugas pemadam kebakaran harus menunggu petugas medis untuk mengawasi proses tersebut.

Tercatata jika mereka yang menjadi korban kebakaran tersebut berasal dari rumah sakit dan juga panti jompo. Ada sejumlah korban yang meninggal di tempat karena api yang sangat besar dan suhu yang sangat panas disertai kepulan asap yang hitam pekat. Choi Man-Woo mengatakan; “Korban berasal baik dari rumah sakit maupun panti jompo”. “Beberapa meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit lain,” tambahnya.

Kebakaran Terburuk di Korea Sejak 2008

Rekaman video dan gambar memperlihatkan sebuah bangunan yang diliputi oleh asap gelap yang tebal dan dikelilingi oleh beberapa truk pemadam kebakaran. Terlihat juga korban selamat yang dibawa dengan ditutupi atau dibungkus selimut. Petugas pemadam kebakaran juga bergegas memasuki gedung usai api dipadamkan dan terlihat kerangka gedung serta puing-puing yang menghitam. Asap dan percikan api sisa kebakaran juga masih terlihat.

Menurut polisi, sekitar 200 orang berada di gedung Rumah Sakit Sejong saat terjadi kebakaran tersebut. Di sisi lain, Presiden Korea Selatan Moon Jae-In mengadakan pertemuan darurat dengan para penasihat untuk membahas langkah-langkah respon yang tepat mengingat bulan lalu juga terjadi kecelakaan yang tidak kalah hebat yang merenggut hampir 30 nyawa.

Ya, kebakaran rumah sakit ini terjadi hanya sebulan setelah 29 orang tewas dalam sebuah kecelakaan di klub kebugaran di kota Jecheon, Korea Selatan – sebuah bencana yang disebabkan oleh pintu masuk darurat yang tidak muat, bahan finishing yang mudah terbakar dan mobil yang diparkir secara ilegal yang menghalangi akses ke kendaraan darurat.

Kebakaran yang terjadi pada hari Jumat (26/1) ini merupakan yang terburuk di Korea Selatan sejak 2008, ketika sebuah kobaran api di sebuah gudang di kota Incheon menewaskan 40 pekerjanya. Mungkin kebakaran terburuk yang pernah ada di era modern Korea Selatan adalah kebakaran yang terjadi di sebuah stasiun kereta bawah tanah di wilayah tenggara kota Daegu pada tahun 2003 yang menyebabkan 192 orang tewas dan hampir 150 lainnya cedera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *